Pengumuman Hasil Seleksi Akhir Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Provinsi Jambi 2018, silahkan klik disini     Pengumuman Surat Edaran Gubernur Jambi tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2019, silahkan klik disini    

KONVERSI NIP


DASAR HUKUM:

  1. Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 22 Tahun 2007 tentang Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil;
  2. Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 43 Tahun 2007 tentang Tata Cara Permintaan, Penetapan, dan Penggunaan Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil.
 

PENGERTIAN:

  1. Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil (NIP) adalah nomor yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil sebagai identitas yang memuat tahun, bulan, dan tanggal lahir, tahun dan bulan pengangkatan pertama sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, jenis kelamin Pegawai Negeri Sipil, dan nomor urut;
  2. Konversi NIP adalah perubahan Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil dari format NIP lama 9 digit menjadi format NIP baru 18 digit.
 

PERMASALAHAN NIP (Nomor Induk Pegawai):

  • Untuk Perbaikan Nama, Tanggal/Bulan/Tahun Lahir, TMT CPNS dan Jenis Kelamin dengan TMT CPNS 2007, 2008, 2009, 2010, 2011 dan seterusnya perbaikan dilakukan di Kantor Regional VII BKN Palembang, dengan persyaratan sbb:
  1. Fotocopy Formulir Penetapan CPNS Daerah
  2. Fotocopy SK CPNS
  3. Fotocopy SK PNS
  4. Fotocopy Ijazah Pendidikan Terakhir disaat pengangkatan CPNS
  5. Fotocopy SK Konversi NIP (jika ada)
  6. Surat Pengantar dari BKD Setempat
 
  • Untuk Perbaikan Nama, TMT CPNS dan Jenis Kelamin dengan TMT CPNS Tahun 2007 ke bawah, perbaikan dilakukan di Kantor Regional VII BKN Palembang, dengan persyaratan sbb:
  1. Fotocopy SK CPNS
  2. Fotocopy SK PNS
  3. Fotocopy Ijazah Pendidikan Terakhir disaat pengangkatan CPNS
  4. Fotocopy SK Konversi NIP
  5. Fotocopy Surat Pengantar dari BKD Setempat 

 

  • Untuk Perbaikan Tanggal/Bulan/Tahun Lahir dengan TMT CPNS 2007 kebawah, perbaikan dilakukan di BKN-RI Jakarta, dengan persyaratan sbb:
    1. Copy SK CPNS
    2. Copy SK PNS
    3. Copy Ijazah Pendidikan Terakhir disaat pengangkatan CPNS
    4. Copy SK Konversi NIP
    5. Copy Surat Pengantar dari BKD Setempat 

 

  • Untuk Proses Pencetakan/Penerbitan SK Konversi NIP akan dilakukan di Kantor Regional VII BKN Palembang

WAKTU PENYELESAIAN:
Tergantung dari Kantor Regional VII Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Palembang atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Jakarta dengan mengacu SPM setempat.