Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan melakukan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Tahun Anggaran 2019.klik disini     Pengumuman Surat Edaran Gubernur Jambi tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2019, silahkan klik disini    

Program Orientasi Harus Mampu Gugah Semangat CPNS 2018 Bekerja Sepenuh Hati

Posted : 08 Januari 2019, 15:34:44 | dibaca : 344 pembaca

Program Orientasi Harus Mampu Gugah Semangat CPNS 2018 Bekerja Sepenuh Hati


BKN, Menyambut bergabungnya para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, program orientasi harus dibenahi dengan tujuan memotivasi mereka untuk bekerja dengan sepenuh hati. Jika para CPNS baru tersebut bekerja dengan sepenuh hati sudah pasti efeknya layanan di instansi pemerintah jauh akan lebih produktif. Pernyataan tersebut disampaikan Sestama BKN Supranawa Yusuf dalam Rapat Pengarahan Seluruh Pegawai pada Biro Kepegawaian BKN, Senin (7/1/2019) di Kantor Pusat BKN Jakarta.
Sestama BKN melanjutkan bahwa “Dalam program orientasi para CPNS baru akan memutuskan untuk cinta dan bekerja dengan penuh semangat pada organisasi atau malah memutuskan untuk demotivasi atau malah berniat untuk melakukan hal-hal merugikan yang tidak diinginkan oleh organisasi. Masa orientasi akan menentukan semangat mereka bekerja sepenuh hati,” ujar Sestama BKN. Oleh sebab itu Sestama meminta penyelenggaraan orientasi jangan dianggap remeh. Menurutnya jika tahap orientasi CPNS dapat diselenggarakan dengan baik, maka begitu banyak potensi permasalahan di masa datang yang dapat diminimalisir. “Perusahaan-perusahaan profesional tahu betapa pentingnya orientasi awal itu sehingga benar-benar memanfaatkannya dengan baik,” tutur Sestama BKN. “Oleh sebab itu program orientasi harus dibenahi, dan disesuaikan dengan kebutuhan zaman,” imbuhnya.
Lebih jauh Sestama meminta pihak pengelola kepegawaian pada BKN khususnya dan Instansi Pemerintah pada umumnya untuk selalu menyusun konsep dan implementasi pengembangan SDM ASN. “Biro SDM harus memiliki program pengembangan kompetensi. Program pengembangan harus direncanakan dan dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya.
Program orientasi CPNS pada instansi Pemerintah harus dimanfaatkan untuk menjelaskan soal budaya organisasi, harapan-harapan setiap orang terhadap CPNS baru tersebut, dan juga untuk menunjukan peran strategis dan betapa berharganya mereka yang telah bergabung pada organisasi Pemerintah. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, di BKN sendiri bahwa rencananya selama menjalani masa percobaan, sebanyak 169 CPNS akan ditempatkan di kantor Pusat BKN Jakarta. Sebelum disebar ke seluruh Kanreg dan UPT BKN mereka akan menjalani masa orientasi dan Latihan Dasar di Kantor Pusat BKN Jakarta
 


Komentar Via Website : 0