Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan melakukan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Tahun Anggaran 2019.klik disini     Pengumuman Surat Edaran Gubernur Jambi tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2019, silahkan klik disini    

Copot Sejumlah Pejabat, Gubernur Jambi Serahkan Bukti Pelanggaran

Posted : 09 Januari 2017, 08:07:02 | dibaca : 301 pembaca

Copot Sejumlah Pejabat, Gubernur Jambi Serahkan Bukti Pelanggaran

Jakarta - Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Sofian Effendi menerima kunjungan Gubernur Jambi Zumi Zola berserta rombongan di Kantor KASN, Jalan M.T Haryono, Rabu (4/1/2017). Dalam kesempatan tersebut, Zumi menyerahkan sejumlah bukti dan alasan melakukan pencopotan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi beberapa waktu lalu.
"Kami ingin memastikan apakah yang kami lakukan sudah benar. Itulah maksud dan tujuan kami datang ke KASN," ungkap Gubernur Zumi Zola
Menanggapi hal itu, Ketua KASN Sofian Effendi mengapresiasi langkah yang telah diputuskan Gubernur Zumi dengan hadir ke KASN untuk menyampaikan bukti pelanggaran sejumlah pejabat yang telah dicopot. Bukti itu, lanjut Sofian, merupakan bagian dari proses menegakkan prinsip-prinsip reformasi birokrasi dalam pemerintahan.
"Orang yang tidak puas pun bisa mengajukan protes atau gugatan ke dalam sistem birokrasi. Kita sudah berproses baik pun terkadang masih digugat ke PTUN," jelas Sofian Effendi.
Sementara itu, Komisioner Waluyo yang membidangi pengaduan dan penyelidikan di KASN menambahkan, agar para kepala daerah termasuk gubernur, tidak perlu khawatir dan ragu untuk mengganti para pejabat daerah yang melakukan pelanggaran atau tidak memiliki kinerja yang baik, meskipun masa jabatannya belum mencapai dua tahun bila telah memenuhi unsur-unsur dalam PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
"Bapak bisa kumpulkan pejabat di Pemprov, kemudian diberikan arahan siapa melakukan apa, buat rekaman dan notulensinya, sehingga itu bisa dijadikan bukti untuk menindak pejabat yang tidak perform. Jadi Bapak tidak perlu khawatir untuk mengganti pejabat," terang Waluyo.
KASN akan segera melakukan verifikasi terhadap sejumlah bukti dan alasan yang disampaikan Gubernur Jambi Zumi Zola atas pencopotan beberapa pejabat, untuk selanjutnya hasil verifikasi akan diberikan rekomendasi kepada Gubernur Jambi.


Komentar Via Website : 0